Ide reduksi efek rumah kaca…

Sudah lama pengen nulis tapi tangan tak sampai (haahh banyak alasan).. Kurang lebih sebulan rasanya duduk di N106.. merasa seperti ikan di dalam akuarium (karena dikelilingi kaca) cuma airnya itu lho.. bukan air tawar atau air laut .. tapi dikelilingi air keringaaaat.  Lho kok…!!???  Ini tanah parahyangan ..700 m above sea level gicu lho. Tapiiii.. keringat ini menetes, meluncur deras jika AC ruang tidak dinyalakan… Duh gimana sih si arsitek nih.. sdh tahu cahaya matahari di khatulistiwa berlimpah ruah masih banyak pasang kaca…jadi energi radiasi matahari terjebak di dalam ruang …(serasa di sauna) … hmm boleh saja begitu ..tapi aerasinya itu lho yang gak nggak lancarrrr. Apalagi desain interior ruangan itu yang menghalangi trafik angin .. incoming and outgoing…(ben ngerasa masih berbau Telco gitu lho).. he he.  Alasan lainnya adalah menghemat energi, gak usah nyalain lampu, karena sdh dicukupi cahaya matahari yang masuk. Coba berapa energi yang diperlukan untuk mengusir panas yang terjebak!.. Pikir itu… (eehh siapa disuruh mikir…)

Katanya punya slogan green campus.. tapi mindset masih nggedebrush.. (apa coba translasi inggrisnya.. mbooh). Klo AC nyala trus buka jendela.. artinya mendinginkan atmosfir.. kata pak STM yang sudah pensiun itu (eh iya.. kapan tuh jauh2 dari Riau hanya untuk mencari diriku.. ge-er dikit gpp ah daripada er-ge). Lagian jika ditutup, oksigen dari mana, wong manusia dirancang untuk banyak menghirup oksigen jika pengen kerja otaknya lancar.. desain ruangan tidak sinkron. Trus klo AC hidup terus.. berapa ratus jeti per bulan setor ke pelen? Opo kuat terus-terusan, sampai kapan?

Usuuulll.. klo untuk menghalangi radiasi matahari yang berlebihan .. itu bikin tanaman yang merambat .. bikin rambatan dari kawat yang anti karat.. dari tanah ke lantai 2 atau lantai 3.. tapi nyantol kemana ya.. ke pagar itu secara konstruksi apa kuat ya..? wong pada bopel-bopel tuh.. (biar orang si[pil yg mikir).  Nah dengan skema ini energi matahari yg terjebak di ruang berkurang, suhu ruang turun dengan sendirinya, oksigen jadi tambah banyak.. modal tidak banyak.. tapi harus ada pemeliharaan.. no problemo..  trus banyak bunga2an warna-warni.. jadi tambahh happy..

Bayanganku..seperti ini (Mandevila SanderI)

atau

..  hmm semoga saja the decision maker ada yg merealisasikan ini… semoga.. amienn

Leave a Reply